Selamat Datang Bagan Batu Online | Pusat Informasi Seputar Bagan Batu | Dari Kita Untuk Kita

Kota SAWIT | Sejahtera | Aman | Wirausaha | Indah | Tertib |

Nasabah BRI Resah, Berencana Tutup Rekening

Monday, January 14, 20130 comments

BAGANBATU (BBO) – Kelalaian pegawai BRI Unit I Bagan Batu, Kecamatan Sinembah, Rohil soal pencairan dana dan penutupan buku rekening atas nama Sampe Tua Sitanggang yang berisi uang senilai Rp 127.000.000,- berbuntut panjang. Apul Tua Sitanggang yang merupakan ahli waris dari Sampe Tua Sitanggang, nasabah bank tersebut akan mengugat BRI ke Pengadilan Negeri Rokan Hilir. 

Selain itu sejumlah nasabah bank plat merah tersebut, juga menyatakan akan menutup rekening mereka di BRI lantaran takut kejadian itu menimpa mereka. Para nasabah  akan memindahkan rekening ke bank lain yang dianggap lebih aman.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, BRI melakukan kesalahan prosedur dalam mengabulkan permohonan penarikan dan penutupan rekening atas nama Sampe Tua Sitanggang oleh Emi Fransiska Br. Panjaitan tanpa persetujuan para ahli waris.
Parahnya lagi, BRI tak kunjung mengganti kerugian yang dialami  ahli waris. Perdamaian yang dilakukan dengan dasar kekeluargaan pun gagal dilakukan karena pihak bank BRI tidak komit atas apa yang sudah disepakati.

Eduard Manihuruk. SH, kuasa hukum dari Apul yang diutus dari LBH Suara Rakyat Mandiri menjelaskan kepada Wartawan, Jumat (11/1) bahwa kliennya akan segera melakukan gugatan agar haknya sebagai ahli waris dikembalikan sebagai mana mestinya.  “Klien kita akan menggugat atas perbuatan melawan hukum,” jelasnya.
“Gugatan ditujukan kepada Emy Fransiska Br Panjaitan dan PT Bank Rakyat Indonesia atas dasar pemalsuan tanda tangan pada surat ahli waris yang digunakan oleh Emi Fransiska Br. Panjaitan dan kelalaian yang dilakukan oleh pihak bank yang melakukan pencairan tanpa prosedur yang seharusnya,” tambah Eduard.

Lebih jauh Edu menjelaskan,  akibat dari itu semua, sudah jelas dirugikan secara materil, jika dirincikan  kerugian yang dialami kliennya, ada tiga poin, yang pertama kerugian telah kehilangan uang atau dana tabungan dari almarhum sebagai hak para ahli waris lebih kurang sebesar Rp. 127.000.000.

Kedua Kerugian atas keuntungan yang diperoleh sejak proses penarikan sampai dengan didaftarkannya perkara ini ke pengadilan yaitu sesuai suku bunga yang telah ditentukan oleh undang – undang 6 %, Rp. 127.000.000 dikali 8 bulan dikali 6 % per tahun atau 0.5 % per bulan sama dengan Rp. 30.480.000.

Dan poin yang ketiga ialah kerugian atas suku bunga bank secara umum 1 % dari Rp. 127.000.000 dengan jumlah Rp. 10.160.000.

“Sehingga total kerugian klien saya mencapai Rp. 167.640.000 jika dijumlahkan dari tiga poin kerugian tersebut. Kerugian itu yang akan kita tuntut pada pihak Bank, dan Pemalsuan data – data yang dilakukan oleh Emy Fransiska Br Panjaitan, dan saya selaku Kuasa hukumnya berharap kepada Pengadilan Negeri Rokan Hilir bila nanti berkas gugatan ini telah sampai, kiranya dapat memeriksa perkara ini dan menghukum tergugat dengan seadil – adilnya, agar hal yang sama tidak terjadi lagi bagi nasabah – nasabah lainnya,” harap Edu.

Beberapa orang nasabah Bank BRI Unit satu Bagan Batu, AS, YL dan BD saat ditemui Rokan Times Sabtu 12/1 yang sedang ngantri di mesin ATM berencana akan menutup rekeningnya terkait permasalahan yang terjadi pada Ahli waris dari Almarhum Sampe Tua Sitanggang. Menurut mereka kesalahan yang dilakukan pihak bank BRI itu adalah kesalahan yang fatal dan sangat merugikan nasabah dan tindakan yang dilakukan untuk menyelesaikan pun tidak dilakukan oleh pihak bank, sehingga mereka berniat untuk menutup rekeningnya dan mengalihkan ke bank lain. “Kalau pihak BRI tidak dapat menyelesaikan permasalahan nasabahnya yang diakibatkan kelalaian mereka, berarti bank BRI unit satu sudah tidak dapat dipercaya lagi, dan saya akan segera menutup rekening saya disini, “ ungkap AS yang diamini YL dan BD. (Rt/Ded)

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Comments for blogger! brought to you by INFONETMU , Ingin Kotak Komentar seperti ini? KLIK DISINI!?
Share this article :

Post a Comment

GALERI

 
Support : Creating Website | Bagan Batu | Bagan Batu Online
Copyright © 2011. Bagan Batu Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kota SAWIT
Proudly powered by Blogger