Selamat Datang Bagan Batu Online | Pusat Informasi Seputar Bagan Batu | Dari Kita Untuk Kita

Kota SAWIT | Sejahtera | Aman | Wirausaha | Indah | Tertib |

IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN Palsu Beredar di ROHIL

Sunday, January 6, 20130 comments

BAGANBATU(BBO) – Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) palsu beredar di Rohil.  Pegawai Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Rohil tertuduh sebagai pelaku pemalsuan dokumen tersebut. Kops surat dan tanda tangan Bupati Rohil mirip discanning. 

Cerita kejahatan administratif itu bermula dari laporan seorang warga, BR kepada Inspektorat Daerah Rokan Hilir.  Pelapor itu adalah warga Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Rohil. Dia melaporkan ke Inspektorat bahwa Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ) yang diurusnya diduga palsu. Mendapat laporan tersebut, Inspektorat Daerah Rohil menurunkan tim guna menelusuri.  Hasilnya,  IMB itu benar – benar palsu. Namun Tim dari Inspektorat belum dapat memastikan siapa pelaku pemalsuan IMB tersebut.

BR mengurus IMB ke seorang jasa pengurusan IMB milik salah satu pengusaha di Bagan Batu. Ia membangun Rumah Toko ( Ruko ) lantai enam di Jalan Sudirman Bagan Batu. Kemudian BR pun mengurus IMB tersebut melalui salah satu konsultan yang kemudian diurus melalui salah satu pegawai Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Rohil berinisial “ T ”.
BR mengatakan, setelah IMB itu selesai dan melihat isinya timbul kecurigaan bahwa IMB tersebut palsu, hal itu dilihat dari tanda tangan bupati  mirip hasil scane, dan yang lebih nyata lagi bahwa permohonan diajukan pada tahun 2012 sementara tanggal penetapan dibuat pada tahun 2011, melihat hal tersebut BR langsung memastikan keasliannya ke pihak Inspektorat Daerah Rokan Hilir.

Setelah membuat laporan maka Inspektorat langsung menurunkan tim untuk menelusuri keaslian IMB tersebut, dan dari hasil penelusuran ke lapangan menurut BR bahwa pihak Inspektorat juga memastikan kalau IMB itu  palsu. “Saya sudah lapor ke Inspektorat, dan mereka juga mengatakan kalau itu palsu,” jelas BR kepada Rokan Times Sabtu (5/1).
Pada kesempatan itu BR juga  ingin meminta keterangan dari konsultan yang bersangkutan, namun dia tidak ada di tempat. Menurut keterangan isterinya, suaminya mengurus IMB itu melalui ‘ T ‘ yang merupakan pegawai Dinas Cipta Karya.

Salah satu Tim dari Inspektorat yang turun ke lapangan, Abubakar saat dikonfirmasi mengatakan kalau dia tidak punya wewenang untuk menjelaskan hal tersebut dan menyuruh untuk meminta keterangan langsung kepada Hari Darma yang menurutnya lebih berkompeten dalam memberi penjelasan terkait hal tersebut.  “Untuk hal itu bapak telepon pak Hari Darma saja ,” jelasnya singkat.

Namun setelah beberapakali awak media mencoba menghubungi dan mengirim pesan singkat kepada Hari Darma, namun tidak ada jawaban. Bahkan sampai berita ini diturunkan juga pihak Inspektorat Daerah Rohil terkesan tidak mau memberikan keterangan. ( Rt/ Ded)

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Comments for blogger! brought to you by INFONETMU , Ingin Kotak Komentar seperti ini? KLIK DISINI!?
Share this article :

Post a Comment

GALERI

 
Support : Creating Website | Bagan Batu | Bagan Batu Online
Copyright © 2011. Bagan Batu Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kota SAWIT
Proudly powered by Blogger