Selamat Datang Bagan Batu Online | Pusat Informasi Seputar Bagan Batu | Dari Kita Untuk Kita

Kota SAWIT | Sejahtera | Aman | Wirausaha | Indah | Tertib |

Pabrik Pengaspalan Hangus Terbakar

Thursday, January 17, 20130 comments


UJUNGTANJUNG(BBO)- Musibah kebakaran kembali terjadi. Kali ini menimpa salah satu anak perusahaan Pengaspalan milik pengusaha terkenal asal Rantau Bais, H Bistamam yang terletak di Jalan Lintas Riau-Sumatera, tepatnya di dekat Simpang Mutiara, Kelurahan Banjar XII, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil, hangus terbakar, Selasa (15/1). Akibat kebakaran tersebut kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Saat ini kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Namun dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut adanya percikan api dari tungku batu bara pembuatan aspal dan sebuah mesin genset.
Informasi yang yang dirangkum Dumai Pos di lapangan menyebutkan musibah kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.
Saat terjadinya kebakaran, seluruh karyawan kaget dan berhamburan keluar untuk memadamkan api mengunakan racun api serta memadamkan api dengan air serta satu unit mobil berisi tangki. Namun sijago merah tetap membesar dan api tidak dapat dijinakkan Malaha api kian membesar serta mengeluarkan kepulan asap hitam.
Salah seorang karyawan kepercayaan, Delhi dalam kejadian tersebut sempat pingsan dilokasi karena berusaha untuk memadamkan api dan mengejar api. Dia terpaksa diungsikan di tempat yang aman dengan kondisi dengan kondisi memprihatinkan.
Sekitar 20 menit kemudian baru datang satu unit mobil pemadam kebakaran milik PT CPI untuk membantu memadamkan api.
Setelah beberapa menit mobil pemadam kebaran ini bekerja api pun berangsur-angsur padam, namun sejumlah alat-alat dan mesin hangus terbakar dan tidak dapat dipergunakan. Diperkirakan kerugian dalam musibah ini diperkirakan mencapai miliaran rupiah.
Lurah Banjar XII, Jamlos Sos yang turun ke TKP, ketika dikonfirmasi mengakui bahwa api dapat dipadamkan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran dari PT Chevron datang. Sementara mereka bekerja air pasokan dari tangki-tangki kecil juga datang membatu memadamkan api dengan air.
“Akibat musibah kebakaran ini mesin-mesin dan alat-alat pengaspalan hangus terbakar dan sudah tidak dapat dipergunakan,” ujar Jamlos.
Sementara Datuk Penghulu Rantau Bais, Al Juflizar mengatakan bahwa kejadian kebakaran ini merupakan musibah dan tidak ada unsur kesengajaan.
Pemilik perusahaan Pengaspalan AMP, H Bistaman saat di mintai keterangannya mengatakan, terjadinya musibah ini juga tidak menghendaki, namun saat kejadian banyak karyawan yang sedang kerja. “Saya juga mau kelokasi sekarang ini, untuk melihat kejadian yang sebenarnya,” ucap H Bistamam.
Sementara itu Kapolres Rokan Hilir, AKBP Tony Hermawan R SIK ketika dikonfirmasi Dumai Pos mengatakan, dari hasil pemeriksaan saksi-saksi di TKP mengatakan, bahwa penyebab kebaran tersebut di perkirakan dari percikan tungku api batu bara, dan keterangan lain dari saksi katanya dari mesin genset.
“Saat ini kita masih mengembangkan penyelidikan kejadianya dengan meminta keterangan dari saksi-saksi Namun yang jelas penyebab kebakaran perusahaan pengaspalan ini karena adanya unsur kesengajaan,” pungkas Tonny Hermawan. 
 

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Comments for blogger! brought to you by INFONETMU , Ingin Kotak Komentar seperti ini? KLIK DISINI!?
Share this article :

Post a Comment

GALERI

 
Support : Creating Website | Bagan Batu | Bagan Batu Online
Copyright © 2011. Bagan Batu Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kota SAWIT
Proudly powered by Blogger