Selamat Datang Bagan Batu Online | Pusat Informasi Seputar Bagan Batu | Dari Kita Untuk Kita

Kota SAWIT | Sejahtera | Aman | Wirausaha | Indah | Tertib |

Ekonomi di Bagan Batu Merosot, Ini Dia Penyebabnya

Tuesday, September 20, 20160 comments

Baganbatuonline.com - Bagan Batu yang merupakan sebuah pusat pemerintahan kecamatan Bagan Sinembah yang selama ini dianggap sebagai sentralnya ekonomi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) karena letaknya yang strategis dan faktor pendukung lainnya, bahkan perputaran ekonomi terbesar di Riau (baca disini) kini sangat terlihat kemerosotan ekonominya. Pasalnya, daya beli masyarakat, semakin hari semakin berkurang.

Hal itu seperti diungkapkan salah satu pengusaha di Bagan Batu, Johnson kepada admin BBO ketika berbincang-bincang dengan disebuah warung, Senin (19/9) kemarin. "Daya beli masyarakat, semakin hari semakin menurun. Hal itu disebabkan beberapa faktor," ujarnya.

Pertama, dengan adanya ATM diberbagai perusahaan perkebunan, karyawan perkebunan yang sejatinya mengambil gaji harus ke ATM di Bank yang ada di Bagan Batu, otomatis hanya di lokasi perkebunan saja. "Sementara, penyokong ekonomi di Bagan Batu, ya dari sektor perkebunan itu sendiri, bahkan dari perkebunan BUMN yang masuk dalam wilayah Sumatera Utara," jelas pria yang akrab disapa Ai tersebut.

Kedua, lanjutnya lagi, perkebunan plasma seperti Paket A hingga Paket M, usia pohon kelapa sawit sejak beberapa tahun belakangan sudah mengalami penurunan produksi. "Seharusnya sudah direplanting kembali. Karena belum juga diremajakan, otomatis hasil produksinya menurun, dan hal itu juga mempengaruhi perputaran ekonomi, di Bagan Batu," ujarnya.

Selain kedua hal yang disebutkan diatas, sambungnya, ada faktor lain yang menyebabkan merosotnya ekonomi di Bagan Batu. Yakni dari sektor perkreditan, tentunya masyarakat lebih mendahulukan membayar kredit ketimbang membeli barang.

"Sekarang kan sedang ngetrend, kredit barang, baik itu elektronik, maupun kendaraan roda dua, menggunakan sistem jemput bola. Begitu juga metode pembayarannya," pungkas Ai yang juga owner salah satu Radio di Bagan Batu.

Tentunya, selain faktor yang disebutkan diatas, kebijakan pemerintah pusat maupun daerah juga mempengaruhi perputaran ekonomi di daerah. "Tidak terkecuali, ya di Bagan Batu ini," pungkas Jhonson mengakhiri.

***/Ngademin BBO (foto: Lamhot Sitorus)

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Comments for blogger! brought to you by INFONETMU , Ingin Kotak Komentar seperti ini? KLIK DISINI!?
Share this article :

Post a Comment

GALERI

 
Support : Creating Website | Bagan Batu | Bagan Batu Online
Copyright © 2011. Bagan Batu Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kota SAWIT
Proudly powered by Blogger